X

Intip 10 Fakta Menarik Mo Salah, Pemain Andalan Liverpool!

Mohamed Salah atau Mo Salah merupakan salah satu pemain sepak bola paling terkenal di dunia saat ini, terutama setelah Ia bergabung dengan klub Liverpool pada tahun 2017.

Terlepas dari itu, terdapat sejumlah fakta menarik Mo Salah yang membuatnya terus menjadi sorotan dan banyak diperbincangkan hingga para penggemar ingin tahu lebih banyak tentang pemain asal Mesir ini.

Maka dari itu, berikut kami berikan informasi terkait dengan fakta-fakta menarik dari pemain yang menggunakan nomor punggung 11 ini.

Sederet Fakta Menarik Mo Salah yang Sukses di Liverpool

1. Mendapatkan Berbagai Julukan

Sejak memulai debutnya di Liverpool, Moh salah selalu tampil memukau dengan kelihaiannya bermain bola di lapangan. Bahkan jika dilihat dari sejumlah prestasi yang Ia raih, tak heran jika kemampuannya banyak diakui dalam kancah sepak bola dunia.

Hal ini membuatnya mendapatkan panggilan spesial dengan sebutan The Egyptian King yang berarti “Si Raja Mesir”. – Bahkan julukan tersebut juga diangkat menjadi sebuah lagu oleh para Liverpudlian, sebutan fans Liverpool.

Tak hanya itu saja, diketahui Salah juga memiliki julukan lain yang meliputi, Halal Hazard, Gurun Dalglish, Messi Muslim, Cristiano Kairo, Ramadan Robben, Piramida Pele, hingga Maradona Berjenggot.

2. Memiliki Rasio Gol Terbaik

Kehadiran Mo Salah sebagai penyerang di klub The Reds berhasil membuatnya memiliki rata-rata gol per pertandingan terbaik.

Pemilik nama lengkap Mohamed Salah Hamed Mahrous Ghaly ini telah melewati 212 pertandingan dan berhasil mencetak gol sebanyak 134 kali atau dengan rata-rata 0,63 gol per pertandingan.

Angka tersebut bahkan lebih tinggi daripada Luis Suarez yang hanya menorehkan angka 0,62 dan Jon Aldridge di angka 0,62, serta Fernando Torres yang memiliki catatan 0,57 gol per pertandingan.

3. Menjadi Pemain Andalan Liverpool

Fakta menarik Mo Salah selanjutnya adalah menjadi pemain andalan The reds yang sering terlibat gol di Liga Inggris. Bahkan pemain yang memiliki postur tinggi 175 cm itu juga memiliki catatan sebanyak 36 assist.

Sejak membela Liverpool, Ia menjadi pemain spesialis kaki kiri yang dianggap menjadi ancaman bagi setiap musuh Liverpool.

Pasalnya Salah sangat piawai dalam melepaskan tendangan dari sudut-sudut yang tak terduga. Hal ini lah yang membuatnya mendapatkan rekor gol kaki kiri terbanyak sepanjang sejarah Liga Inggris.

Mo Salah juga membuktikan kemampuannya saat menjadi man of the match lewat torehan dua gol dan dua assist dalam kemenangan Liverpool atas MU dengan skor telak 7-0 pada Premier League 2023.

4. Khas dengan Selebrasi Sujud Syukur

Setiap pemain bola memiliki caranya sendiri untuk meluapkan kegembiraan atas gol yang berhasil mereka raih. Selebrasi unik pun dipertontonkan menurut identitas personal setiap pemain.

Tak terkecuali dengan Mo Salah yang memiliki selebrasi unik usai menciptakan gol, yakni dengan melakukan sujud syukur.

Salah kerap menengadahkan pandangannya ke langit sembari menunjuk ke atas, lalu bersimpuh ke tanah, menandakan sujud syukur kepada Sang Khalik.

Bagi penganut agama muslim tentu tak asing dengan hal ini. Namun selebrasi itu ternyata menjadi sorotan dan menarik media Internasional yang penasaran dengan makna gerakan tersebut.

Mo Salah pun menjelaskan bahwa Gerakan tersebut (sujud) bagaikan doa atau cara mengucapkan terima kasih kepada Tuhan atas hal yang telah diterima. Ia juga menambahkan bahwa hal ini sudah menjadi kebiasannya sejak kecil.

5. Seorang yang Rendah Hati dan Dermawan

Bintang Liverpool kelahiran 15 juni 1992 ini juga terkenal dengan sifatnya yang rendah hati dan juga dermawan.

Didukung dengan karirnya yang gemilang tentu Ia mendapatkan bayaran yang cukup besar. Namun hal ini tak menjadikannya gila harta, justru malah menjadi sosok yang sering melakukan aksi sosial.

Ia menyumbangkan sebagian uangnya untuk berbagai proyek di daerah asalnya, Nagrig, Sdalam membantu pembangunan sekolah, rumah sakit, dan alat-alat medis.

Tak hanya itu saja, penyerang The Reds satu ini juga menyumbang dana sejumlah 681.500 pounds untuk membantu pembelian mesin transplantasi tulang sumsum pada Rumah Sakit Kanker Anak di Kairo.

Itulah sederet fakta menarik Mo Salah yang jarang diketahui publik. Dengan bakat dan kemampuannya yang luar biasa di bidang sepak bola, diharapkan Ia bisa bekontribusi dan membawa Liverpool menuju kemenangan di berbagai kompetisi.

Categories: Sports
budi halim: