X

5 Pencetak Gol Terbanyak di Dunia, Ada Jagoanmu Tidak?

Sepakbola adalah salah satu permainan olahraga yang memiliki banyak peminat dari berbagai penjuru dunia. Olahraga ini terdiri dari dua tim yang masing-masing beranggotakan 11 orang. Lalu, siapakah pencetak gol terbanyak di dunia?

Seperti yang diketahui, ada banyak rivalitas, drama, dan gol yang menghiasi lapangan hijau di sepanjang permainan. Pemain yang berhasil meraih rekor sebagai pencetak gol terbanyak tentu memiliki kemampuan di atas rata-rata.

Biasanya, pencetak gol terbanyak berada di posisi striker, sehingga memiliki keleluasaan yang lebih tinggi dalam membobol lawan. Para pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak ini sering dijuluki sebagai pemain sepak bola terbaik sepanjang sejarah. Lalu, siapa sajakah mereka?

Pencetak Gol Terbanyak di Dunia

Menjadi pencetak gol terbanyak tentu bukanlah kemampuan yang bisa didapatkan dengan hanya berlatih selama satu atau dua tahun saja. Diperlukan kerja keras, disiplin, dan konsistensi yang tinggi untuk menjadi pemain terbaik di dunia. Beberapa pemain yang berhasil mencetak gol terbanyak yaitu:

1. Cristiano Ronaldo

Pemain pencetak gol paling banyak yang pertama diduduki oleh Cristiano Ronaldo. Siapa yang tidak kenal dengan pemain Portugal tersebut?

Namanya melambung karena memiliki talenta yang unggul di bidang sepak bola. Tidak hanya itu, ia juga diberkati dengan fisik yang prima dan paras yang tampan. Oleh karena itu, tidak heran jika banyak brand ternama yang memintanya menjadi bintang iklan hingga brand ambassador suatu produk.

Bisa dibilang, Cristiano Ronaldo adalah rival abadi dari Lionel Messi, mega bintang lain dalam kancah sepak bola global. Pemain kelahiran 5 Februari 1985 tersebut kini juga tergabung ke dalam klub sepak bola A-Nassr FC yang berasal dari Arab Saudi. Tentu saja, posisinya sebagai penyerang.

Cristiano Ronaldo disebut-sebut sebagai rival abadi dari Lionel Messi yang mempunyai kemampuan dibatas rata-rata. Ia dikenal mempunyai ketajaman berpikir saat di depan gawang lawan dan intuisinya sangat kuat ketika dihadapkan pada kesempatan mencetak gol.

Cristiano Ronaldo telah mencetak lebih dari 817 gol di sepanjang pertandingan yang telah dilakukan lebih dari 1.120 kali. Di usianya yang masih 38 tahun ini, ia masih memiliki intuisi yang kuat dalam membobol gawang lawan.

2. Josef Bican

Pencetak gol terbanyak di dunia yang selanjutnya adalah Josef Bican. Nama ini mungkin kurang familiar di kalangan pecinta sepak bola, baik dari Indonesia maupun luar negeri. Pasalnya, Josef Bican adalah pemain sepak bola yang berkarir di lapangan hijau sejak tahun 1930 – 1950-an.

Pantas saja jika generasi di masa kini tidak mengenal sosok legendaris tersebut. Padahal, Josef Bican hanya bertarung pada sekitar 530-an pertandingan. Namun, jumlah gol yang berhasil dicetaknya telah terkumpul sebanyak 805 gol.

Jumlah tersebut tentu tidak jauh berbeda dengan jumlah gol yang berhasil dicetak oleh Cristiano Ronaldo. Pemain yang berada pada posisi striker tersebut menjadi kebanggaan bagi sepakbola Austria.

Pemain yang lahir tahun 1913 tersebut lebih banyak mengawali permainannya dari bangku cadangan. Meskipun demikian, bakat dan kemampuannya tidak dapat disembunyikan karena ia mampu mencetak 24 kali gol dari 13 kompetisinya.

Setelah unjuk gigi di Wina, Bican akhirnya pindah ke Cekoslowakia dan meraih puncak kejayaan sepakbolanya dengan tim FC Vítkovice, Dynamo Praha , Slavia Praha, dan FC Hradec Kralov..

3. Romario

Romario de Souza Faria menjadi salah satu daftar pemain sepak bola legendaris asal Brazil yang telah mencetak rautsan gol di sepanjang karirnya.

Ia pernah membela sejumlah klub terkenal, seperti FC Barcelona, Vasco da Gama, PSV Eindhoven, FC Barcelona, Flamengo, Miami FC Fluminense, Al Sadd SC, Valencia CF, hingga Adelaide United.

Sepanjang karir sepak bolanya, Romario telah mengumpulkan sebanyak 772 gol di berbagai klub yang diikutinya. Adapun Adelaide United merupakan klub terakhir  Romario karena ia memutuskan untuk gantung sepatu.

4. Lionel Messi

Bagi masyarakat global, nama Lionel Messi sudah sangat familiar. Messi menjadi sosok pemain yang sangat populer, baik di kalangan pecinta sepak bola maupun masyarakat umum. Lionel Messi adalah pemain sepak bola asal Argentina yang memiliki posisi sebagai penyerang.

Banyak pihak menganggap bahwa Messi adalah pemain sepak bola terbaik sepanjang masa di dunia, meskipun pada dasarnya pendapat tersebut cukup subjektif. Jika dilihat dari rekam jejaknya sebagai pemain sepak bola profesional, Messi memang bukan pemain sembarangan.

Ia pernah meraih 6 Sepatu Emas Eropa, 7 Ballon d’Or, dan mendapatkan predikat Ballon d’Or Dream Team. Lionel Messi juga termasuk pemain sepak bola pencetak gol terbanyak di sepanjang sejarah karena telah mengumpulkan 769 gol melalui 980 lebih pertandingan.

5. Pele

Pele adalah sosok pemain legendaris asal Brasil yang sukses menjadikan Negara penghasil kopi terbesar tersebut sebagai Juara Piala Dunia sebanyak 3 kali, yakni pada tahun 1958, 1962, dan 1970. Seperti halnya Messi, Pele juga pernah menyabet 7 penghargaan Ballon d’Or.

Ia juga menjadi sosok penyumbang gol terbanyak di dunia. Sepanjang karir profesionalnya, Pele berhasil mencetak gol sebanyak 767 pada 831 permainan sepak bola. Semua gol yang dihasilkan tersebut didapatkannya saat membela klub Brasil dan juga Amerika Serikat.

Deretan pencetak gol terbanyak di dunia yang dibahas di atas menjadi inspirasi tersendiri bagi para pemain sepak bola di masa kini untuk terus berjuang memberikan kemampuan terbaik bagi negaranya. Nama-nama yang disebutkan di atas juga menjadi sosok legendaris yang tetap dikenang oleh dunia.

Categories: Sports
budi halim: